Tuesday, October 17, 2017

Aku merasa hampa

Ngunu tok, semua terasa asing dan membingungkan.


Wes. 

Saturday, August 12, 2017

Mie Lampung di Jogja Itu Rasanya ...

Jum’at malam memutuskan untuk jalan-jalan dengan seorang kawan, orang Lampung -dia. Kenapa jalan-jalannya jum’at malam? Sebab rasanya tidak ada keharusan ataupun larangan untuk jalan-jalan malam pada hari-hari tertentu. Soal malam minggu, ah mainstream sekali sudah. Niatnya mau ke X cafe di jalan affandi, eh kok belok-belok nunut angin. Entah, akhirnya sampai di kedai mie Lampung di Jogja, kuning dominan jadi warna tembok dan gerobaknya. Kalau kata orang sih, kuning itu ceria. Memang iya sih, ada kesan ceria ceria gimana gitu.
Soal mie Lampung di Jogja, saya ada coba porsi setengah dulu, soalnya saya pikir mie-nya bakal banyak kayak mie-mie yang sudah-sudah. Eh ternyata pas datang, kok dikit kali ini mienya, namanya porsi minion. Mie sama kuahnya di pisah, entah kuahnya ini Cuma hasil rebusan sayur atau bagaimana, tidak ada minyak-minyak yang nampak di permukaannya. Dicicip juga anyep kok, ada rasa sayur sedikit.

Thursday, July 13, 2017

Si Uka

Ada sebuah cerita, seorang anak yang sekarang dia sudah remaja. Ketika tulisan ini ada, umurnya menginjak 19 tahun 4 bulan lebih sedikit. Dari kecil seringkali dia diam di pojokan, bisa di pojokan ruang tamu, pojokan kamar, pojokan kasur, pojokan dapur, pojokan sekolah juga sering. ‘Pojokan’ seolah menjadi tempat yang nyaman dan asyik baginya, bagian paling baik dari sebuah pojokan menurut anak tersebut adalah, pojokan terasa aman dan hangat. Walaupun ya, tidak sekali dua kali sebuah pojokan malah menakuti dia, suka tiba-tiba muncul jin tomang, atau mendadak ada kuntilanak alay yang mencolek-colek dia. Mungkin benar kata orang tua, hantu menyukai pojokan ruang.
Tau tidak, anak ini dari kecil bahkan sebelum masuk SD, tidak pernah suka memakai rok. Bapaknya dia sampai jengkel, masa anak perempuannya tidak kelihatan perempuan sama sekali sih. Sebab apa si anak ini tidak suka memakai rok? Sebab, dia adalah perempuan satu-satunya diantara saudaranya yang kesemuanya laki-laki. Boneka macam berbi-berbian tidak punya karena tak pernah minta. Bando, pita, jepit rambut apalagi, uhh, rambut mau disisir ibunya saja dia lari. Adalah suatu keajaiban ketika anak tersebut mau mengenakan rok ketika pengambilan foto keluarga. Waw, dia luluh juga setelah di rayu ibunya.

Saturday, July 8, 2017

Menumbuhkan Kembali Kesadaran Bhinneka Tunggal Ika [Tulisan]


OPAK UIN Suka sekarang namanya PBAK, dan makin ribet pelaksanaannya. Barangkali bermanfaat untuk memperkaya pengetahuan (sedangkan yang menulis ini tidak tau apa-apa).
-
-
-
Adalah Indonesia negara pluralisme. Memiliki beribu-ribu suku serta bermacam-macam bahasa daerah, bahkan Indonesia mengakui 5 agama yang mana semua agama tersebut ditetapkan hari libur nasional pada setiap perhelatan hari rayanya, pun hari keagaamaan lainnya. Sebab Indonesia ialah bhinneka tunggal ika, bhinneka berasal dari bahasa sanskerta neka yang bermakna macam, mendapat tambahan bhi sehingga memiliki arti bermacam-macam, tunggal ialah satu serta ika bermakna itu. Berbeda-beda tetapi satu jua, itulah Indonesia.
Seiring berjalannya zaman, semboyan yang termaktub dalam pancasila tersebut seolah tinggal kata-kata saja. Makin kesini makin banyak pertikaian antar golongan, entah antar agama, ras, suku dlsb. Hal tersebut terjadi akibat ketidakmampuan menghargai perbedaan, serta kentalnya laku etnosentrisme dalam masyarakat Indonesia. Bila ditilik kebelakang, jauh sebelum kemerdekaan Indonesia, segala elemen masyarakat bersatu padu demi satu tujuan yakni kemerdekaan. Tapi mengapa setelah takbir kemerdekaan itu didapat, justru ikatan yang tersusun dari ragam perbedaan itu malah bubrah?

Friday, July 7, 2017

SBMPTN Tidak Lolos? Jangan Sedihlah

Musim SBMPTN udah lewat, gimana lolos? Jangan sedih jangan resah kalau nggak lolos. Buat angkatan 2016 dan 2017 yang baru lulus tahun ini, masih ada tahun depan lagi untuk mencoba. Share pengalaman ya, saya angkatan 2015, sudah kuliah masuk semester 5 ini. Menuruti rasa penasaran, coba-coba deh ikut SBMPTN lagi, kemaren jurusan yang saya pilih ada di UNY semua.
1.      Sastra Indonesia
2.      Kebijakan Pendidikan – Filsafat dan Sosiologi Pendidikan
3.      Sastra Jawa
Ngarepnya lolos di sastra jawa, tapi eh malah lolos di pilihan kedua, kebijakan pendidikan. UKTnya langsung keluar, mengejutkan saya dapat UKT 3 (2,4 jt) dan batas waktu bayarnya Cuma semingguan. Uwaw, padahal cita-cita saya dapat ukt 1 (500rb). Sebab ketidakmampuan membayar UKT dadakan itulah, alhasil UNY ini saya lepas (dengan amat sangat berat hati). Pas ditanya temen-temen ‘heh na lolos nggak?’ tak jawab aja ‘nggak lolos’ udah diem semua. (Dalam hati, mangkel juga).
Fyi, kuliah saya yang sekarang ini hasil lolos UM-PTKIN, semacam seleksi nasional buat masuk PTN yang notabene islam-islam gitu (UIN, IAIN, STAIN). Tahun 2015 juga lolos SBM juga, pilihan ketiga jurusan psikologi UIN Semarang, mandiri juga lolos di Mercubuana Yogya, jurusan matematika murni (haha, kok bisa ya?”.