Spoiler Film Toko Barang Mantan

2/13/2020 10:54:00 PM


Reza Rahadian punya film baru, judulnya Toko Barang Mantan. Lagi-lagi aku punya kesempatan nonton gala premiere sebelum film itu tayang serentak tanggal 20 besok. Seingatku aku Cuma punya dua mantan (pacar), jelas yang terakhir adalah yang paling berkesan. Untungnya tidak ada barang yang dia tinggalkan untuk aku, semua barang miliknya, tas, buku, jam tangan dan lain-lain sudah tak kembalikan semua. Justru malah mantan (gebetan) yang ninggalin barang buat aku. Aku ada boneka beruang putih pink di kamarku, aku simpan di dalam lemari supaya jarang kelihatan di mata. Mau dibuang sayang, dikasih orang juga sayang.



Soal film Toko Barang Mantan, film ini menceritakan tentang si Tristan, mahasiswa UAJY Jakarta yang nyaris DO, macet kuliah karena males sama bapaknya, punya took namanya Toko Barang Mantan. Tristan ini terkenal sebagai ‘Legend’ di kampusnya, kok bisa? Dia terkenal kalau punya pacar nggak Cuma satu aja, alias playboy.


Tokoh selanjutnya ada Laras, diperankan oleh Marsha Timothi. Cuma sama Laras doang Tristan bisa bener-bener pakai rasa. Sama sekali nggak mendua dan nggak neko-neko, pokoknya setia. Ceritanya Laras ini ninggalin Tristan tanpa pamit, jadi nggak ada kata putus diantara mereka berdua. Mereka akhirnya pisah selama beberapa tahun.

Waktu Tristan lagi butuh uang buat bayar sewa tempat toko, bayar listrik, air segala macem tapi posisinya dia nggak ada uang, datanglah si Laras. Laras membawa kabar yang sangat mengejutkan, DIA MAU NIKAH. Laras datang Cuma mau kasih undangan aja, si Tristan patah hati.

LARAS, SOSOK YANG PLIN-PLAN
Kenapa Laras plin-plan?
Bayangin kalau kamu punya mantan, mantan kamu datang lagi ke kamu setelah sekian lama. Kayak ngasih harapan gitu, manis, jalan bareng, makan bareng, senyum-senyum. Kalau kamu masih cinta, kamu bakal baper nggak?

Laras ini datang ke Tristan waktu posisinya dia udah mau nikah, terus Laras mutusin tunangannya. Dia deket lagi sama Tristan, terus dia balik lagi ke tunangannya. 20 bulan kemudian setelah Tristan lulus kuliah dan mulai meniti karir sebagai pengacara, dia balik lagi ke Tristan. Kan plin-plan!!

BELAJAR CINTA TANPA SYARAT
Laras bilang, Tristan nggak bener-bener cinta sama dia. Padahal perjuangan Tristan ke Laras udah lumayan berat. “Apa kamu pernah bilang cinta ke aku?” Kata Laras ke Tristan. Tristan diem.

Cinta harusnya tanpa syarat. Aku cinta kamu kalau kamu jadi milik aku, Harusnya aku cinta Ayahku kalau dia nggak nikah lagi. Alasan-alasan itu Cuma dalih, sebenernya cinta itu tanpa syarat. Di film Toko Barang Mantan, penonton yang sadar bakal belajar soal apa itu cinta tanpa syarat.

Nggak melulu menjual kenangan soal mantan, film ini juga mengajarkan soal gimana hubungan ayah dan anak yang penuh gejolak. Tristan lama perang dingin sama ayahnya, gara-gara ayahnya nikah lagi setahun setelah ibu kandungnya meninggal. Meskipun porsi cerita keluarganya nggak sebanyak NKCTHI, tapi jadi anget gitu rasanya. Aku kira dari awal sampai akhir, ceritanya bakal full soal mantan, mantan dan mantan.

Di bagian Tristan, ayah dan ibu tirinya tiup lilin bareng, mataku lumayan berkaca-kaca. Aku jadi inget ibu dan bapakku, seumur hidupku aku belum pernah tiup lilin bareng-bareng sekeluarga. Aku jadi pengen pulang terus bawain ibuku kue :’(.

ENDINGNYA MAKSA K
Tadinya aku nggak ngeh kalau endingnya maksa, karena terlalu terbuai sama manisnya momen pelukan Marsha Timothy dan Reza Rahadian. Setelah 20 bulan menghilang karena memutuskan kembali ke tunangannya, Laras tiba-tiba ada di depan Toko Barang Mantan, terus balikan sama Tristan. Aneh, gimana bisa ada ending yang nanggung kayak gitu.


Aku nonton sama 12 temenku, komen mereka sama, endingnya maksa. Dari kacamata orang awam yang baru masuk ke dunia perfilm-an, rating film ini menurutku 7/10. Lebih bagus NKCTHI sih kalau mau diambil sisi healingnya. Oiya Mantan Manten juga film soal mantan, film Toko Barang Mantan nggak lebih bagus dari Mantan Manten.

Mantan Manten jauh lebih menyentuh dan nge-feel dibandingkan film ini. Tapi film ini tetep keren ditonton, di film ini kali pertama kamu bakal lihat Reza Rahadian berambut gondrong.

You Might Also Like

0 komentar

Tersenyumlah!

Popular Posts