Mie Lampung di Jogja Itu Rasanya ...

8/12/2017 07:59:00 AM

Jum’at malam memutuskan untuk jalan-jalan dengan seorang kawan, orang Lampung -dia. Kenapa jalan-jalannya jum’at malam? Sebab rasanya tidak ada keharusan ataupun larangan untuk jalan-jalan malam pada hari-hari tertentu. Soal malam minggu, ah mainstream sekali sudah. Niatnya mau ke X cafe di jalan affandi, eh kok belok-belok nunut angin. Entah, akhirnya sampai di kedai mie Lampung di Jogja, kuning dominan jadi warna tembok dan gerobaknya. Kalau kata orang sih, kuning itu ceria. Memang iya sih, ada kesan ceria ceria gimana gitu.
Soal mie Lampung di Jogja, saya ada coba porsi setengah dulu, soalnya saya pikir mie-nya bakal banyak kayak mie-mie yang sudah-sudah. Eh ternyata pas datang, kok dikit kali ini mienya, namanya porsi minion. Mie sama kuahnya di pisah, entah kuahnya ini Cuma hasil rebusan sayur atau bagaimana, tidak ada minyak-minyak yang nampak di permukaannya. Dicicip juga anyep kok, ada rasa sayur sedikit.


Nah, kuah mie tadi saya tuang, kebanyakan sih kata kawan, jadi mangkoknya banjir. Ada botol bentuknya imut lucu, warna isinya coklat kayak madu. Asal tuanglah saya, tidak memperhatikan kalau itu ada tulisan kecap asin di botol. Lhah botol kecap manisnya aja kayak botol saos, warnanya merah. Kan nggak ngeh saya. Dengan perasaan biasa aja serta perut yang kadar laparnya juga biasa aja, saya aduklah semangkok kecil mie Lampung di Jogja barusan.
Lupa saya, tampilan mienya ini beda dengan mie ayam. Selain kuahnya bening, mienya kecil dan daginya itu udah dihalusin (lalu ditaruh kulkas dan dibentuk kayak kepel-kepel getooh). Bagi saya, ini tetap mie ayamlah. Kan mie sama ayam (tapi beda bentuk dan geografis penciptaan awal mula, halah). Jadi penasaran saya ingin segera menyantap mie Lampung di Jogja ini. Siaaaapppp.....
Nyobain mie Lampung di Jogja ini rasanya...
Asin gan, asin betulan. Apa karena kebanyakan tuang kecap asin? Saya tambah-tambah bumbu supaya rasa seimbang kok tetap asin ya. Kalau dibandingkan dengan mie ayam, soal rasa beda jauh kali. Kalau mie ayam kan ada rasa kaldu, kalau di Pati ada juga mie ayam yang kuahnya itu pakai rempah-rempah. Lhah ini rasanya kalau saya bilang ada sedikit rasa gajih dan sayur tadi. Tapi entahlah, lidah jawa makan makanan Lampung kan asing ya. Ada rasa-rasa shock di lidah sebab memakan mie Lampung di Jogja ini. Masih penasaran, saya coba cicipi kuah mie milik kawan saya, tidak beda jauh, Cuma punya saya asin, punya dia tidak.
Kawanku orang Padang bilang, nasi padang di Jogja rasanya beda dengan nasi Padang di Padang sana. Mungkin beda tangan yang bikin, nasi padang di Jogja yang bikin ya orang jawa, nah nasi padang di Padang sana orang Padang sendiri yang bikin. Begitu pula dengan mie Lampung di Jogja ini, saya kira resepnya memang dari Lampung, tapi karyawan yang bikin ini bisa jadi orang Jawa. Jadi rasanya beda. Lain waktu kalau ada kesempatan ke Sumatera, mungkin akan memburu makanan ini. Saya itu amat sangat suka sekali dengan mie, mie instan apalagi. Anak kos mana yang tidak suka mie instan yakan.
Biar asin, rasa-rasanya ada sesuatu yang nyangkut di lidah lalu turun ke hati soal mie Lampung di Jogja ini. Ada kenangan baru kan gara-gara teringat asinnya. Asinnya beda lah, bukan asin garam sebab harga garam sedang naik, ini asin kecap asin yang asinnya hampir setara dengan air mata (hallah). Ya gitulah pokoknya kesan saya setelah mencicipi mie Lampung. Orang Lampung di Jogja itu banyak, banyak betul. Sudah begitu baik-baik pula. ahh jadi kangen masakan ibu (yang ini tidak nyambung dengan mie Lampung ya)
Sampai jumpa..... J


You Might Also Like

0 komentar

Tersenyumlah!

Popular Posts