Spoiler Film NKCTHI - Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

12/24/2019 04:39:00 PM


“GIMANA BISA BAHAGIA KALAU NGGAK PERNAH TAU RASANYA KEHILANGAN?” Salah satu dialog dari tokoh Angkasa yang diperankan oleh babang Rio Dewanto.


Ini bukan spoiler ya, cuma mau cerita aja. Alhamdulillah kemarin punya kesempatan nonton gala premiere film NKCTHI (yang akhirnya punya kloningan beda sifat, NKSTHI). Berkesempatan ngobrol langsung di kantor KR sama mas Angga Sasongko, sutradara NKCTHI yang super keren. Keren banget.

Cast NKCTHI yang datang media visit ke KR kemarin ada Aurora (Diperankan Sheila Dara) dan Lika, pacar Angkasa (Diperankan Agla Artalidia). Sebenarnya aku kalau ketemu artis tuh biasa aja, minta foto bareng juga ogah. Tapi karena film NKCTHI ini belum tayang serentak, tidak semua orang bisa nonton lebih awal DAN YANG PASTI TIDAK SEMUA ORANG BISA NGOBROL LANGSUNG sama mas ANGGA DWIMAS SASONGKO yang bisa bikin film kayak keluarga cemara dan NKCTHI inilah yang bikin aku excited. Masih dalam batas wajar kok, hehe. Gara-gara NKCTHI itu pula, aku bisa 6 jam di mall kena AC. Untuk diketahui bersama, itu adalah durasi terlamaku di dalam mall sepanjang 21 tahun hidupku.

Ekspektasi Healing di Film NKCTHI


Karena ini film punya tagline ‘Sabar Satu Persatu - Semua Keluarga Punya Rahasia’, aku pikir akan ada pesan healing di dalam film. Aku kira aku bakal nangis Bombay dan sesunggukan waktu nonton film ini. Tapi sebelum ke hal itu, terlepas dari ceritanya seperti apa, NKCTHI punya alur yang cukup unik. Kalau pada film kebanyakan alurnya linier, kalau tidak maju ya mundur. Di film ini, alurnya maju mundur dengan tone warna yang beda-beda. Transisi gambar dan waktunya enak dilihat, ini menurutku dari sudut pandang orang awam sih. Masa sekarang lebih banyak pakai tone kekuningan, sementara itu masa lalu lebih banyak pakai tone kebiru-biruan.

Film dibuka dengan lagunya Kunto Aji, judulnya rehat. Lalu ada sosok Isyana yang megang-megang pesawat. Dilanjut dengan adegang ibu yang sedang hamil besar dituntun bapak untuk masuk ke mobil, mereka beserta Angkasa dan Aurora kecil menuju rumah sakit bersalin. Adegan ini adalah cikal bakal konflik yang ada di dalam film ini.

NKCTHI ini sebenarnya punya cerita yang ringan, tapi karena otakku adalah otak-otak yang terbiasa dengan drama, aku berusaha menebak-nebak apa sih yang sebenarnya tersembunyi di film ini. Semua tokoh pakai topeng kebahagiaan dan ke-nggak kenapa-kenapa-nya masing-masing. Luka apa yang sebenarnya di simpan oleh si bapak dan ibu. Sempet mikir keras juga, kenapa waktu Awan (Diperankan Rachel Amanda) ketabrak motor, ibunya sampai segitu histeris dan suasana menjadi kacau. Bapaknya marah ke Angkasa, meski sebenarnya itu bukan salah Angkasa sih.

Kenapa ibunya nangis-nangis sambil meluk kaos kaki kecil dan lain sebagainya. Ada banyak hal yang bikin mikir di dalam film itu. Ternyata, ada rahasia soal masa lalu yang kaitannya dengan kehamilan si ibu di awal cerita. Nonton deh biar tau.

Menurutku pribadi, dengan latar belakangku yang agak-agak punya konflik emosional dengan keluarga di rumah, NKCTHI cukup menyembuhkan sih. Meskipun sebenernya nggak related dengan kondisi yang aku alami di rumah. Keluarga Angkasa ini sangat hangat soalnya, tidak ada yang saling cuek-cuekan satu sama lain. Oiya, mataku dibikin berkaca-kaca di banyak bagiannya Aurora si anak tengah. Aku notabene anak tengah juga dan banyak merasakan apa yang dialami oleh Aurora, tapi aku nggak sedih kok, Cuma berkaca-kaca aja. Atau sebenarnya memang hatiku aja yang lagi membatu ya, haha.
Siapa Tokoh Utama di Film NKCTHI?

Tidak ada.
Dari series yang ada di youtube, orang-orang banyak mengira kalau tokoh utamanya adalah Awan si Anak Bungsu. Padahal tidak ada tokoh utama di dalam film ini, semuanya jadi tokoh utama dengan peran yang dihidupi masing-masing. Menariknya, setiap tokoh punya soundtrack masing-masing untuk menggambarkan perasaannya. Awan dengan lagunya ‘Arah’ yang menggambarkan pemberontakan, Angkasa dengan ‘Lagu Pejalan’-nya Sisir Tanah dan Aurora yang digambarkan sunyi dengan lagunya Isyana.
Apalagi ya??? Ada banyak kejutan di dalam film ini, yang pasti beda dengan versi youtube seriesnya. Ada beberapa Umay Shahab dan Chiko Jerico yang jadi cameo di film ini. Pas keluar dari bioskop, jadi kepikir lagi, Angga Sasongko dapat ide dibantu siapa ya? Bisa bikin film sederhana keren macam begini.

Nah, mumpung keinget. Jenjus (Jenny Jusuf) adalah orang yang membantu mas Angga bikin naskah film NKCTHI. Kalau masih inget dan kalian punya bukunya, NKCTHI kan Cuma quotes-grafis ya, tidak ada cerita atau tokoh apapun di dalamnya. Pernah nonton film ‘Mantan Manten’? Jenjus juga yang bikin naskah film keren itu. Feel penerimaan yang aku rasakan dari NKCTHI ini mirip-mirip dengan yang aku rasakan di Mantan Manten. Nggak heran, lhawong Jenny Jusuf yang bikin scriptnya kok.

Pokoknya, film ini jadi penutup tahun yang menyenangkan buat aku pribadi, energi positif yang ingin disampaikan film ngena banget. Hampir satu hari full itu pikiran dan badanku berkutat dengan NKCTHI. Mulai jam 11 media visit di KR, jam 1 sampai jam 3 nulis beritanya. Jam 4 MnG, jam 5 Media Gathering dan ditutup nonton bareng gratisan sampai jam 10 malam. Apalagi di dalam teater bisokop itu, nobarnya sama tokoh-tokoh yang tak kagumin dan pastinya idola umat. Ringgo Agus Rahman, Ibu Lissa Wahid, Mas Aik NKSTHI dan banyak deh. Alhamdulillah.

You Might Also Like

1 komentar

Tersenyumlah!

Popular Posts