Mengejar UNY 2016

3/06/2016 09:46:00 AM



SBMPTN 2016 bakal terselenggara akhir Mei besok. Jadi inget euforia pas mau ikutan seleksi ini tahun lalu. Kalau ndak salah ingat, tahun lalu SBMPTN tanggal 9 Juni, pengumumannya satu bulan kemudian pada tanggal yang sama.
Pas cek web SBMPTN, saya baru tau kalau ternyata saingan masuk prodi yang saya tuju itu ribuan pada pilihan pertama, pada pilihan kedua nyaris seribu dan hasilnya saya lolos pada pilihan ketiga, psikologi UIN Walisongo Semarang. Prodi baru, belum ada akreditasi, jelas tidak saya ambil. Sekedar cerita, pilihan pertama saya jatuh pada ilmu komunikasi UIN Sunan Kalijaga dengan jumlah peminat pada waktu itu 1491 dan daya tampung 38 orang, pilihan kedua masih di UIN Sunan Kalijaga jurusan ilmu perpustakaan yang peminatnya 919 orang dengan daya tampung hanya 36 orang. Sedangkan pada jurusan psikologi yang dasarnya jurusan baru itu jumlah pendaftarnya ada 468 orang dan dari orang segitu, saya termasuk dalam 33 orang beruntung yang lolos (tapi tidak diambil :x) Teman saya ada juga yang SBMPTN mengambil psikologi UIN Semarang pada pilihan kedua kalau tidak salah, tapi dia tidak lolos, tidak lolos di semua pilihan. Ya mau bagaimana? Wong pengennya kuliah di Jogja, yang semarang itu ya tidak diambil. Waktu itu, sudah daftar ulang dan dapat UKT Rp. 1.500.000. untung belum dibayar, karena beberapa hari kemudian, saya berangkat ke Jogja untuk ujian reguler masuk UIN dengan urutan pilihan (1) Ilmu Komunikasi, (2) Ilmu Perpustakaan, (3) Komunikasi dan Penyiaran Islam. Sebelum ke Jogja saya ini juga sudah tes UMPTKIN di STAIN Kudus, pilihan pertama KPI UIN Jogja dan pilihan kedua KPI STAIN Kudus. Seminggu di Jogja, tanggal 27 Juli waktunya pengumuman kelulusan UMPTKIN. Jreeeng ... jreengg ... jreengg ... SELAMAT ANDA LULUS JURUSAN KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Alhamdulillah lolos lagi, jurusan yang baru saya tahu kalau peminatnya juga tinggi di UIN Jogja.
Tahukah kalian, padahal kost di belakang amplaz yang saya tempati dulu sudah saya bayar satu bulan penuh, tapi hanya satu minggu saya tempati karena harus buru-buru pulang untuk mengurus daftar ulang, ya upload, ya minta surat segala macam. Saya juga sudah daftar bimtes PMII untuk ikut jalur reguler tapi keburu sudah lolos, maka saya pulang.
Sekarang mumpung masih muda, pada tanggal 22 Maret besok umur saya baru genap 18. Terbersit pikiran untuk kuliah dobel, bahasa kerennya double degree. Jadi pengen masuk di universitas yang umum, kalau UIN kan latar belakangnya Islam. Sejak kecil sekolahnya sekolah islam muluu.
Rencananya di SBMPTN tahun ini, saya mau coba masuk UNY. Pilihan jurusannya seperti ini :
1.      Sastra Indonesia
2.      Kebijakan Pendidikan
3.      Ilmu Sejarah
Andaikan saya lolos di UNY, besar kemungkinan kalau semester tiga saya akan cuti satu semester dari UIN, atau kalau tidak ya dua-duanya dijalani, tap yang UIN agak di tinggalkan sedikit karena fokus pada semester awal di UNY.
Ehh, ada UMPTKIN juga. Kalau ada duit mau daftar sekalian, pilihannya UIN lagi. Filsafat agama fakultas ushuluddin dan pemikiran islam jadi pilihan pertama nanti (kalau ada duit).
Sejak SMP pengen banget kuliah jurusan bahasa Indonesia, pas masuk SMA malah berubah haluan pengen masuk kuliah jurusan jurnalistik. KPI yang sedang saya jalani ini sudah merupakan perwujudan cita-cita untuk masuk jurusan yang ada jurnalistiknya, karena nanti pada semester IV sudah mulai ada perminatan, tinggal pilih broadcasting atau jurnalistik. Kalau saya jelas jurnalistik. Nah, yang cita-cita waktu SMP itu belum kesampaian. Modalnya, kumpulan soal SBMPTN tahun lalu yang saya punya. Semoga loloslah masuk UNY, lolos SBMPTN. J J. Kalaupun lolos di kebijakan pendidikan juga ndak apa-apa, rasa bahagianya sama saja, karena saya juga tertarik pada pendidikan. Dan kalaupun lolos di ilmu sejarah juga tidak apa-apa karena saya sama sukanya. Yang terpenting, ketika lolos nanti, semoga dapat UKT golongan satu. Aamiin J J

You Might Also Like

0 komentar

Tersenyumlah!

Popular Posts